#44. Tragedi Tai Cicak (The Return)

Malam Senin kemarin (17/4) seperti biasa sebelum kami sekeluarga molor berjamaah, gue, istri dan anak kami suka “bercengkrama”. Ya “bercengkrama”, itulah istilah yang biasa kami gunakan untuk aktivitas sebelum tidur sama anak gue. Yaa… sekedar ngobrol-ngobrol ringan sama anak terkait isu-isu yang hangat mulai dari pemotongan anggaran besar-besaran oleh pemerintah yang konon dikarenakan target pajak yang meleset sampai skandal korupsi RS Sumber Waras yang diduga melibatkan Ahok, hehehe.. Enggak deh, masa iya anak umur belom genap 3 tahun diajakin ngobrolin pemerintahan sampe politik, otaknya bisa nge-heng nanti kaya otak bapaknya Lewat “Bercengkrama” kami berusaha mengajarkan banyak hal seperti bicara, menyanyi, beberapa doa, sampai mengenalkan alfabet dan angka.

Memang gak pernah ada kesepakatan atau ikrar bersama bahwa kita harus “bercengkrama” terlebih dulu dengan anak sebelum tidur. Hal ini mungkin karena kadang merasa bersalah karena harus kerja dari pagi lalu pulang sore sehingga cuma waktu sedikit buat anak. Makannya setiap moment sebisa mungkin ya diajak ngorol, walau kadang sebagaimana penyakit kebanyakan orang tua muda yang kekinian suka susah lepas dari hape, whehe..

By the Way, anak kedua gue yang namanya Fiddyn,  seneng banget sama cicak. Bahkan sekarang udah bisa nyanyi lagu “Cicak-cicak di dinding”, nadanya sih lumayan nyambung tapi liriknya sesuka hatinya. Pas malam hari kalo liat cicak-cicak lagi pada “Hang-out” atau “Party” sama temen-temennya di dinding rumah (bisa dibayangin dong gimana cicak “Party” di dinding? Hehe) Fiddyn langsung heboh dan teriak-teriak histeris kesenengan sambil nunjuk-nunjuk lalu bilang “Icak.. iicaakkk!!!”, maksudnya “cicak.. cicak!” Gak tau deh kenapa yah Fiddyn suka banget sama cicak. Gue pikir apa semua anak kecil seneng cicak?  Abis ada juga anak temen gue seneng banget sama cicak, malah bapaknya sampe bela-belain nangkep cicak terus dimasukin ke plastik! Kalo gue.. ehmm.. kayanya gak sanggup, kalo liat sih oke fine! Tapi kalo nangkep cicak, terus menyentuh kulitnya yang benyek-benyek bikin bergidik, apalagi kalo pas buntutnya copot dan gerak-gerak sporadis, hhiiii..

Gue pilih angkat tangan duluan kalo disuruh nangkep cicak. Makannya gue inisiatif bikin cicak-cicak palsu dari kertas yang diwarnain item lalu gue tempel di dinding kamar. Awalnnya dia seneng banget, soalnya ada 8 cicak (walaupun palsu) di kamar yang bisa dia pandangin sebelum dia tidur. Tapi sekarang dia udah biasa aja, mungkin dia udah mulai curiga “Ini cicak ko dari dulu enggak bergerak-bergerak ya? Mencurigakan!”

Nah malam kemarin, entah dari mana asalnya, selain 8 cicak palsu ada 2 cicak asli, Ori Bray.. bukan Kw! Anak gue seneng dong, soalnya ini cicak bisa bergerak-gerak dan bisa bunyi lagi. Satu cicak ada di sudut langit-langit sedangkan yang satu lagi pas banget di atas gue. Gak tau kenapa feeling gue udah jelek aja kalo diatas gue ada cicak. Bukannya karena percaya mitos atau tahayyul atau apalah itu namanya, sorry layaww.. Sontak aja gue yang waktu itu lagi rebahan langsung bangun ngusir cicak itu supaya gak ngejogrog pas diatas gue. Ngeliat kelakuan gue yang sibuk ngusir-ngusir cicak pake sarung, istri gue tanya “Kenapa ko diusirin?” Ya gue jawab “Gak apa-apa sih, takut aja.. ada feeling buruk!”

Malam makin larut, istri serta anak gue udah pada melayang-layang dalam alam mimpinya masing-masing. Gue yang biasanya emamg tidur paling telat, jam segitu masih merem-merem tidur ayam, maksudnya masih setengah sadar. Tiba-tiba ketika gue mulai memasuki alam mimpi, “pluukk!” Gue ngerasa ko perut gue kaya abis kejatuhan benda kecil, basah dan dingin. Jadi waktu itu kondisinya gue udah mau tidur dan kaos gue agak tersibak.. atau tersingkap gitu dibagian perut. Pas gue pegang dan gue cium.. OoohMaayyGaatttt.. gak salah lagi ini aroma khas tai cicak, bener-bener khas.. gak salah lagi ini tai cicak!!! Ternyata bener firasat buruk gue, si cicak buang air besar diatas gue… Kuraaannngg ajaaarrr, gak ada sopan santuuunnn, gak punya tata krama… cicaakkk durhakaaa, berani-beraninya meng-e’e-i orang yang sudah mengizinkan kau tinggal dirumahnya!

Seketika tensi gue langsung naik, idung mekar, kembang-kempis, emosi memuncak, melambung tinggi melebihi puncak Everest. Awas lo ya Cicak kurang ajar, kalo ketangkep gue siksa lahir-batin! Langsung gue ambil kain, terus gue kibas-kibas, gue pukul-pukul ke arah cicak durhaka supaya enyah dari kamar gue. Gak sudi gue sekamar sama cicak model kaya gitu!

Aksi “Brutal dan Anarkis” gue itu sukses membangunkan istri gue yang sedang tidur lalu nanya “Kenapa sih Bay? Berisik banget!”
“Ini May, bener firasat ku! Cicak kurang ajar ini buang air besar di perut ku!!!” Jawab gue emosi tingkat tinggi.
“Hahaha…!!!” Istri gue ketawa, lalu tidur lagi.

[Featured Image is taken from Kaskus.co.id]

Leave a Reply

