#31. Late Post : Belajar dari Masjid di Suriname

Gawls kita jalan-jalan yuks! Gak ke Bali apalagi Bali Mester! Atau ke Ancol. Jauhan dikit ya, kita ke Suriname. Pada tahu dong Negara Suriname?! Yup, negara bekas jajahan Belanda yang juga kesohor dengan nama Guyana Belanda ini, punya hubungan erat loh dengan negara kita tercinta Indonesia. Erat banget, se-erat Kiki Farel sama Mamah Dahlia #ApaanSih!

Konon kabarnya, dulu sekitar akhir abad 18 pas jaman Belanda masih bercokol disana ada banyak orang Jawa yang dikirim paksa ke Suriname untuk kerja diperkebunan. Sebenernya gak cuma suku Jawa sih tapi juga ada suku lain kaya Sunda, Madura dll. Gak tanggung-tanggung sekarang ini jumlah imigran dari Indonesia ini sudah mencapai 15% dari populasi Suriname. Makanya jangan heran kalo disana ada daerah yang namanya Tamanredjo dan Tamansari, hihhii Jadi keingetan kecamatan Wonomulyo gue, sebuah kecamatan di Sulawesi Barat, tempat gue tinggal sekarang, yang ternyata isinya imigran dari jawa semua.

Ngomong-ngomong masalah Suriname, barusan gue baru baca sebuah artikel di salah satu portal berita islam. Disitu disebutkan kalo ternyata di Suriname ada loh masjid yang jamaahnya merupakan keturunan migran dari Indonesia, dan ‘uniknya’ lagi itu masjid menghadap ke arah barat berbeda dengan masjid-masjid lain di Suriname yang menghadap ke arah timur. Loh ko bisa? bukannya kalo liat di bola dunia seharusnya kan menghadap ke arah timur supaya lurus ke Kabah. Nah itu dia gue juga bingung.

Pas gue baca lagi katanya alasannya karena setahu mereka masjid-masjid di Indonesia pada menghadap ke arah barat, makannya pas mereka bangun masjid di Suriname juga menghadap ke arah barat, ngikutin di Indonesia. Ehm bener-bener deh, yakin banget deh gue kalo mereka itu emang keturunan Indonesia ya, hehhe

Kelar baca itu gue langsung MCK alias Mesem-mesem Cakep dan Kece, abis lucu aja. Ternyata gitu ya kalo ngelakuin sesuatu gak pake ilmu lebih dulu, malah jadi chaos! Bener banget deh kalo ada yang bilang ‘orang yang memperbaiki sesuatu gak pake ilmu, bukannya bikin bener malah tambah ancur’.

Imam Muslim dalam kitabnya bilang kalo Idola kita Rosulullah Sholallahu alaihi wassalam pernah bersabda :
” Apabila sebuah urusan diberikan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancurannya akan dateng”
Hayo, makannya Gawls, kita kudu hati-hati dalam berkata atau berbuat kalo emang kita gak gape disitu ya mendungan diem aja dan kasih ke ahli dibidangnya.

Maka dari itu Gaes, kita sebagai umat Islam terutama buat lo semua yang masih muda, belia, ranum, segar dan masih berumur 18 tahun-an kaya gue #AmnesiaAkut kudu banyak-banyak nuntut ilmu mulai dari sekarang. Jangan sampe udah peyot, reyot, pipi udah pada kempot dan gigi udah pada copot baru deh kepikiran buat nyari ilmu, belajar ngaji, benerin bacaan sholat, cara wudhu de ek el.

Ya walaupun gak ada kata terlambat buat nuntut ilmu, tapi kan sayang banget kalo mulainya telat, ibaratnya kaya mati lampunya udah berjam-jam, eh pas kita nemuin lilin atau senter gak lama malah hidup lampunya, bete gak tuh! So Gaes, ilmu itu penting banget buat kehidupan kita apalagi yang namanya ilmu agama supaya kita bisa selamat dunia dan akhirat, aamiinn..!

Selain merupakan kewajiban bagi setiap muslim sebagaimana bisa kita liat di shahih Ibnu Majah dimana Rosulullah pernah bilang :
“Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim”

Menuntut ilmu juga bisa meninggikan derajat kita loh sebagaimana tersurat dalam Al-Qur’an Surat Al-Mujadilah ayat 11 yang artinya :
“Allah mengangkat derajat orang-orang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberikan ilmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian lakukan.”

Gawls, gue punya kisah inspiratif tentang orang-orang yang Alloh SWT naikan derajatnya karena ilmu. Semoga aja kalian terinspirasi! Kalo selesai baca ini, kalian belom terinspirasi coba baca lagi..! kalo belum juga please baca lagi ya. Tapi kalo belum terinspirasi juga, anggap aja lo udah terinspirasi, kasian dong gue udah capek-capek ngetik tapi lo gak terinspirasi-terinspirasi juga. #Huhuhu..
Well, jadi gini ceritanya, jaman dahulu kala, ada seseorang yang lehernya cacat, dan dia selalu jadi OLGA, Olok-olokan warga. Kemudian sang bunda bernasehat kepadanya “Hendaklah engkau menuntut ilmu, niscaya Allah akan mengangkat derajatmu.” Semenjak itu, orang itu semakin giat belajar ilmu syar’i sehingga ia menjadi orang yang berilmu, alim ulama, hingga diangkat menjadi Qadhi (Hakim) di Makkah selama 20 tahun. Apabila ada orang yang berperkara dan dia duduk dihadapannya, maka bergetarlah tubuhnya hingga ia berdiri. Masya Alloh, kalau Alloh udah berkehendak.

Semoga kita bisa mengabil pelajaran tentang pentingnya berilmu sebelum beramal. Tentang mulianya kedudukan orang berilmu di dalam agama Islam tentunya yang hanya mengharap keridhoan Alloh SWT. Aamiinn..

P.S : Love this quote :
“Belajar Untuk Ibadah, Prestasi Untuk Dakwah”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s