#25. Cerita Kelahiran Fattar 2012 Lalu..

“Alhamdulillaah telah lahir putra kami yang pertama Bilfaqyh al-Atharyzz Sattar pada Hari Senin 24 Jumadil Ula 1433H / 16 April 2012 jam 13.20 WIB. Mohon doanya semoga anak kami menjadi insan yang bersih aqidahnya, faham ilmu agama dan benar ibadahnya, sertavberakhlak mulia. Allahuma aamiin”

Ini dia Bilfaqyh Al Atharyzz Sattar (a.k.a Fattar) yang baru berumur beberapa hari.
Ini dia Bilfaqyh Al Atharyzz Sattar (a.k.a Fattar) yang baru berumur beberapa hari.

Status diatas gue tulis di seminggu setelah anak gue lahir, tepatnya 21 April 2012 pas aqiqahannya. Gaes, ada sedikit cerita yang mau gue bagi terkait proses kelahiran anak pertama gue. So, keep on reading ya!

Begini ceritanya, waktu itu gue lagi rapat sekaligus pelatihan di Dinas Pertanian. Tiba-tiba hape gue bergetar, gue liat ada sms dari “Mamay Tersayang”, istri gue. Gue buka dong, isinya kaya gini :

“Bay, kyny prtq kontrks dh, Tp mdh2n cm kontrks pls”

Glek, apaan ini bacaannya? Anjrit mampus gue, bisa kena stroke sebelah gue gara-gara baca sms paket hemat kaya gini. Duh, May.. May.. perasaan udah sering banget gue ingetin kalo sekarang tuh bukan jaman Malin Kundang yang kalo 10 kali smsan pulsa langsung jebol. Terus kalo ibu lo tahu nanti lo dikutuk jadi Batu Akik. Apa susahnya sih ngetik huruf vokal supaya orang gak salah paham. Gue tombak juga nih, dengan tombak cinta, hehhee ‪#‎TakutDibacaIstri‬

Gaes, gak gampang emang baca sms istri gue, perlu IQ minimal setara IQnya BJ Habibie lah buat bacanya. Abis gimana, orang smsnya ngalah-ngalahin tulisan dokter. Ngomong-ngomong masalah SMS paket hemat, dulu juga pernah gue kebingungan dan hampir putus asa baca SMSnya, pas awal-awal gue smsan sama dia menjelang acara pernikahan. Begini kisahnya, Lighting, Sound, Camera rolling.. action!

Istri : (ngetik sms pake hape china blackberry ala-ala yang batrenya udah hamil 7 bulan++) “Nnt kl dh smp Po, tlp y” sent..!
Hp gue getar, gue liat ada sms dari calon istri. Semangat 45 dong gue. Gue baca itu sms.
Gue : …??? (Bingung! baca lagi, pusing! baca lagi, pingsan dengan mulut berbusa!) ‪#‎PernikahanTerancamDitunda‬

Belakangan abis nikah, dalam sebuah diskusi kecil diatas kasur sebelum BBM alias Bobo-Bobo Manja terungkaplah rahasia sandi tersebut:

Gue : May masih inget maksud sms kamu pas kita mau nikah dulu.
Istri : Yang mana? ‪#‎Datar‬
Gue : Itu loh yang kalo gak salah “Nnt kl dh smp Po, tlp y”
Istri : Oh itu maksudnya “Nanti kalo udah sampe Ponorogo, telpon ya!” #Datar
Gue : #$@&():/?! (Mimisan sambil nyemilin bangke nyamuk yang koit karena abis disemprot Vape!)

See?! coba lo bayangin, okelah yang “Nnt”, “kl”, “dh”, “smp”, “tlp” dan “y” bisa gue raba-raba artinya, lah ini “Po” jadi “Ponorogo” mana gue tahu! ‪#‎TelerKekenyanganMakanNyamuk‬

Oke lanjut ke sms paket hemat yang pertama, ituloh sms yang mau lahiran. Akhirnya setelah lebih satu tahun menikah, gue udah agak imun, gue gak perlu mimisan atau berbusa kaya sebelumnya sekarang palingan cuman gatal-gatal doang, hahaha.. Gue baca berkali-kali akhirnya gue yakin banget udah ngerti maksudnya, gak mungkin salah, “Bay, diperutku ada kontrakan, mudah-mudahan cuma kounter pulsa!” Gimana? cerdas kan gue! ‪#‎DidugaIQnyaJongkok‬

Waktu itu sekitar jam 11 siang waktu Majene dan gue masih ngoceh di depan para mantri tani kaya tukang kredit panci. Pegel rahang gue, dari tadi udah gue jelasin bagaimana cara ngambil angka random buat survei ubinan tapi kagak ngerti-ngerti. ‪#‎LamaLamaGueGarotJugalo‬!

Penjelasan pertama, gue jelasin dengan penuh cinta tapi muka mereka pada cengo! Bingung, kaya orang abis dikejar-kejar tukang kredit panci.

Penjelasan kedua, kali ini lebih lambat. Gue coba sabar dan penuh keibuan, eh kebapaan. Tampang mereka makin suram, putus asa. Dibarisan depan Pak Usman 54 tahun udah nyerah, kepalanya udah berasep. Kayanya abis ini langsung nyiapin dokumen buat pensiun dini. Peserta yang lainnya yang lebih muda baru putus asa, sebagian hampir bunuh diri, udah pada pegang tambang.

Penjelasan ketiga, kali ini dengan hati yang tulus diiringi do’a “Semoga mereka cepet ngerti ya Alloh. Dan buat yang gak ngerti moga-moga masuk surga, kalo bisa masuk surganya besok!” ‪#‎BaikBangetKanGue‬

Abis baca sms istri gue, gue mulai gak konsen, jangan-jangan udah mau brojol lagi. Perasaan gue bimbang, pikiran ngawang-ngawang, jiwa tak tenang, melayang! Pantat gue panas, gatel minta digaruk pake parutan kelapa, pengen cepet-cepet selesai. Sampe akhirnya setelah selesai rapat dan gue udah balik ke kantor, istri gue sms lagi. Langsung aja hasil transletannya ya biar cepet.
“Bay, Alhamdulillah udah lahiran, anaknya cowok!”

Gue cuman bisa duduk terdiam, megangin dahi sambil tetep pose. Banyak rasa berkecamuk, bingung apa mau menari Hula-hula Syalala, kegirangan karena istri udah berhasil ngelewati masa-masa kritis ketika melahirkan. Apa harus bersimpuh, banjir air mata penyesalan, karena ada rasa kecewa gak bisa nemenin lahiran. Entahlah, yang pasti saat itu gue bingung, kaya harus memilih antara Omaswati sama Elly Sugigi, pedahal dua-duanya istimewa di hati gue!

Ini photo Bang Fattar (udah punya adik soalnya) umurnya 3 thn. Mohon doanya semoga sehat selalu dan jadi anak sholih.
Ini photo Bang Fattar (udah punya adik soalnya) umurnya 3 thn. Mohon doanya semoga sehat selalu dan jadi anak sholih.

Pedahal dulu pas masih hamil gue pernah tanya ke istri :
Gue : “May, nanti kalo kau melahirkan aku ngasih semangatnya
gimana?”
Istri : “Ya terserah!” #datar
Gue : (berdiri) Kalo begini ‘Ayoo.. May semangat..! dorong, kamu pasti bisa!!! Ayoooo lebih kuat lagi dorroonnnggg..! Give me “SE” give me “MA” give me “NGAT”, “SEMANGAATTT..!!!!’ ” canda gue sambil heboh memperagakan gerakan ajaib guna menunjang yel-yel gue supaya lebih atraktif dan memiliki data motivasi mang tinggi.

Tapi rencana tinggal rencana, qadarullah anak pertama gue lahir maju satu minggu lebih awal dari HPL (Hari Perkiraan Lahir) pedahal gue belum sempat beli tiket pesawat buat mudik, buat nemenin istri gue di Ponorogo. Dan yel-yel yang udah gue siapin, tergelak tertutup debu. Tapi gak apa-apa yang penting sehat terus ya anak ku, mohon doanya!

So, buat kalian para suami yang mungkin sedang menunggu kelahiran buah hati, atau yang belum menikah juga gak apa-apa, bercita-citalah untuk bisa menemani istri ketika melahirkan kelak. Niatkan itu, karena kehadiran kita bisa memberi tenaga ekstra buat istri kita yang lagi berjuang diantara hidup dan mati. Selain itu kehadiran kita juga sebagai bentuk kasih sayang dan penghargaan kita kepada istri atas jerih payahnya mengandung anak kita selama 9 bulan lebih.

So, siapin mental dari sekarang ya Gaes, jangan sampe pas nemenin istri, terus lo liat darah malah pake acara pingsan segala. Walhasil bukannya bikin istri semangat malah bikin repot. Tapi buat kalian juga para istri kalo punya suami yang orangnya gampang pingsan. Dikit-dikit pingsan, jalan dikit pingsan, kepapar matahari pingsan, kesenggol orang pingsan, dilempar upil juga pingsan, hadeuh! Nah yang model kaya gini mending jangan dipaksa buat nemenin daripada bikin ribet. Ok Gaes, akhir kata “Selamat melahirkan!”

Leave a Reply

