#23. Beasiswa : Tips LPDP [An Awardee’s Note]

Melamar beasiswa itu kaya melamar gadis pujaan. Analoginya, beasiswanya itu adalah gadis pujaan yang akan kita lamar sedangkan orang tuanya adalah pihak yang akan memberi beasiswa.

Secara umum beasiswa memang diberikan kepada orang dengan prestasi akademik yang baik, yang di representasikan dengan IPK. Karena walau bagaimana pun pihak yang ngasih beasiswa gak mau ngasih ke orang yang gak akan mampu menyelesaikan kuliahnya dengan baik. Makannya dalam syarat beasiswa biasanya ada minimal IPK. Tapi walau begitu ada juga yang gak mempersyaratkan, tentunya harus ada hal-hal lain yang diunggulkan.

Ada beasiswa yang memang diberikan bagi mereka yang super duper pinter dimana buat daftar beasiswanya aja minimal IPK 3,75! Dan tentunya IPK segede itu juga belum tentu diterima. Ada juga yang agak moderat tapi masih tetep aja tinggi, misal minimal IPK 3,5. Nah untuk beasiswa yg ‘cuma’ menyaratkan IPK 3 atau dibawahnya, biasanya juga ada pertimbangan lain misal pengalaman kerja, pengalaman organisasi atau tempat tinggal calon pendaftar.

Nah untuk LPDP sendiri sebagaimana beasiswa lain tentu punya kriteria calon penerima beasiswa. LPDP adalah salah satu beasiswa yang bertujuan menyiapkan pemimpin masa depan menuju Indonesia Emas 2045. Dimana LPDP hanya akan membidik 20% populasi yang dimana 20% populasi ini sanggup mempengaruhi 80% lainnya. Dengan apa dengan leadership!

Nah jadi jelas bahwa target LPDP adalah para aplikan yg tidak hanya memiliki akademik baik tapi juga memiliki kepemimpinan yang baik juga. Agar dengan kepemimpinannya itu dia dapat mempengaruhi masyarakat menjadi baik juga. Oleh karena itu jangan heran kalo di form pendaftaran LPDP juga ditanyakan pengalaman organisasi.

Gue ada beberapa tips dari teman-teman awardee LPDP yang gue kenal di Group LPDP:

1. Pastikan semua dokumen yang diminta LPDP lengkap dan sesuai dengan spesifikasi yang diminta, karena kalau ada yang kurang (gak di upload) maka tidak akan lulus administrasi.

2. Jangan biasakan submit dokumen pada hari-hari terakhir. Karena biasanya websitenya down / error karena terlalu banyak yang mengunjungi pada saat yang bersamaan. Amannya sih satu minggu sebelum deadline.

3. Dokumen yg kita upload selain harus lengkap juga harus ‘berkualitas’. Pastikan CVnya berkualitas, di form pendaftarannya catat semua kegiatan organisasi kamu mulai dari SD sampai sekarang.

4. Rencana Studi dan Paska harus jelas dan terukur, harus tegas, jangan ngambang ya! apalagi ngambangnya di sungai 🙂 Ingat LPDP gak bakalan mau ngasih beasiswa kepada orang yang sama dirinya sendiri aja dia gak tahu mau ngapain? Nah lohhh..!

5. Nah ini juga termasuk yang paling penting, Essay! Tunjukkan di dalam Essay kalo kita juga memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa sosial yang tinggi. Coba inget-inget lagi pernah ikut organisasi apa? Nah program kerja apa aja di organisasi tersebut yang sifatnya sosial.

6. Kalau lulus administrasi maka lanjut ke tahap 2 : Writting On The Spot (WOTS), Leader Group Discussion (LGD) dan Wawancara. Untuk WOTS banyak-banyaklah baca koran terutama opini para ahli terkait hal-hal yang sedang hits! Plus bisa dipelajari lagi cara menuliskan tanda baca yang sesuai EYD.

7. Untuk LGD, cobalah belajar cara mengemukakan pendapat yang baik. Jadilah pribadi yang open minded, jangan egois, jangan sok merasa pinter dan paling bener. Belajar cara menahan ego, jangan berdebat dan memotong pembicaraan orang lain.

8. Lalu pas wawancara tunjukkan kepada pewawancara kalo kita punya jiwa sosial yg tinggi dan leadership yg kuat tentunya dibuktikan dengan bergabungnya kita dalam berbagai organisasi. Sebut saja organisasi yang kita tulis di form pendaftaran. Percaya diri dan apa adanya.

9. Banyak-banyak berdo’a kepada Alloh SWT agar selalu diberikan yang terbaik. Jangan lupa hubungin orang tua, keluarga, guru ngaji atau orang-orang yang kita anggap sholih agar minta dido’akan.

10. Banyak-banyak sedekah, berinfaq dan beramal. Semoga amal-amal kita bisa menjadi wasilah terkabulnya do’a-do’a kita selama ini.

Itulah mungkin beberapa tips-tips supaya tembus LPDP. Semoga sukses Gaess!!!

Advertisements

4 thoughts on “#23. Beasiswa : Tips LPDP [An Awardee’s Note]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s