#13. Beasiswa : Uppsala, Aurora yang Tertukar

Cita-cita buat Gow Internasyenel sebenernya udah tertanam di dalam lubuk sanubari gue sejak jaman kuliah dulu, gara-gara denger para dosen cerita pengalamannya kuliah diluar negeri. Bikin mupeng deh, kayanya seru dan bikin ngeces sampe meja belajar gue banjir iler, hehhee. Makannya pas udah menjelang 4 tahun kerja barulah gue fokus hunting scholarship, go..go..go..!!!

Dulu, pas lagi jamannya nyusun skripsi entah kenapa gue terobsesi buat jadi Environmentalist, ahli lingkungan gitu tapi disatu sisi gue juga tertarik mendalami ilmu Ekonomi, mungkin karena topik skripsi gue tentang PDRB Hijau kali ya. So, gue awali perburuan gue dengan mengetikan keyword “Sustaiable Economics Environmantal Master Program”. Maka munculah beberapa universitas yang menyediakan program master dibidang tersebut. Gak banyak memang, maka dari beberapa program yang ada gue putuskan buat jatuh cinta dengan Master of Sustainable Economics Uppsala University Swedia!

Ya Swedia, rasa-rasanya gue yakin banget sama ini negara, tapi Swedianya yakin gak ya sama gue? Hehee terlebih dari dulu gue pengen banget liat Aurora, dan Swedia adalah salah satu tempat terbaiknya. Entah kenapa gue berapa Klik banget sama negara ini. Gue seolah punya alasan kuat buat pilih Swedia, dan mudah2an bisa ngeliat Aurora bareng istri dan anak-anak gue. What a wonderful moment!

Gue mulai bergerilya nyari tahu bagaimana caranya daftar di Universitas di Swedia. Hasilnya ternyata di Swedia berlaku pendaftaran 1 pintu untuk semua universitas disana kaya SMPTN gitu. Dimana kita daftar sekali untuk 4 pilihan jurusan dan Universitas yang sama atau berbeda. Tapi sayang seribu kali sayang, pendaftaran tersebut mensyaratkan nilai IELTS minimal 6.5! Pupuslah harapan gue, IELTS gue cuma 6.0 sedangkan kalo tes lagi kan gak murah, dan belum tentu gue tembus. Apalagi di pemerintahan yang sekarang Rupiah lagi melemah. Sebagaimana postingan sebelumnya, penting banget punya IELTS 6.5 atau TOEFL 550 yaw!

Harapan buat liat Aurora eh.. buat me dapat pendidikan berkualitas di Eropa belum selesai. Gue coba geser kesebelah kaya Finlandia dan Norwegia dimana disitu juga pendidikannya baik dan bisa liat Aurora juga tentunya, hehheee. Tapi ternyata sama juga, sistemnya satu portal dan minimal 6.5. So, universitas di Swedia, Finlandia dan Norwegia gue coret, sreettt..!!!

Akhirnya gue merasa negara skandinavia belum berjodoh sama gue untuk tahun ini. Tapi ya sudahlah, gue putusin coba yang lain. Nanti kalo dapet dinegara eropa bisa mampir2 ke Swedia liat Aurora, teteeppp ye niatnya liat Aurora, hhee..

Leave a Reply

