#15. Beasiswa : Gagal Daftar LPDP!

Cerita perjuangan buat dapetin beasiswa gue belom kelas loh Gaess.. Dengan berbekal LoA dari Universitas Paris 1 Pantheon Sorbonne gue mulai mendalami apa itu LPDP. Kalian bisa juga mempelajari LPDP kaya gue dulu lewat link ini :

http://www.lpdp.depkeu.go.id/

Silahkan diubek-ubek dah tuh website, mudah-mudahan bermanfaat..!

Di LPDP ada Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) atau dikenal juga dengan jalur umum yang buka 4 kali dalam setahun. Selain itu juga ada beasiswa Afirmasi buat yang tinggal di daerah perbatasan, terpencil atau teringgal yg dikenal juga dengan istilah 3T. Ada juga Beasiswa Presiden Republik Indonesia dll Pokoknya banyak deh, buat kalian yang pengen dapet beasiswa please jangan lewatkan LPDP. Duh, berasa jadi PRnya LPDP guweh 🙂

Gue cari-cari info terbaru tentang Beasiswa BPI. Secara gue pernah daftar beasiswa Erasmus Plus, so beberapa persyaratan yang acap kali diminta lembaga pemberi beasiswa sejatinya telah ada didekapan gue #Halaah.. Cuman ada beberapa yang kurang kaya Izin atasan minimal Eselon II bagi yg PNS, dll. Nah disinilah Ujiannya. Sebenernya alhamdulilLaah BPS tempat gue kerja gak ribet kalo masalah pendidikan, bahkan ada budaya mendorong pegawainya buat sekolah lagi. Makannya gampang bagi gue buat dapet surat izin dari atasan, walau sekelas eselon II sekalipun. Tapi yang bikin rempong itu adalah gosipnya yang gampang banget beredar dan merebak kaya sekarung tai kucing yang ditutupin kertas, baunya akan tetap tercium.

Entah dari mana asal muasalnya, mungkin hampir satu BPS Propinsi plus kabupaten-kabupatennya udah pada tau kalo gue ngelamar beasiswa LPDP buat kuliah di Prancis. Setiap gue ada keperluan ke kantor propinsi selalu aja ada yang tanga “Kapan Berangkat???” atau becandai gue “Ko’ enggak berangkat-berangkat???” pedahal waktu itu gue dalam posisi, jangankan berangkat beasiswanya aja gue belom ngelamar, bete gak sih.

Singkat cerita gue berhasil ngumpulin semua persyaratannya dan setelah lengkap coba kirim online tapi ERROR, pesannya “Nilai IELTS anda kurang dari 6.5”

Gak lama gue coba tanya via Grup WA yang ke adminin sama Pak Tino, salah satu pegawai LPDP. Gue tanya “Pak ko pendaftaran Error dan minta IELTS 6.5, katanya kalo punya LoA skor IELTS gak diperhitungkan?” Lalu dijawab “Oh itu peraturan digelombang 2 nanti. Kalo sekarang (Gel.1) mau punya LoA atau tidak harus punya IELTS 6.5” GLEK!!!

Mumpung penutupan masih 1 bulan, maka gue coba kejar dengan ikut tes ITP TOEFL, target 550 supaya bisa ikut LPDP gel 1. Gue ngerasa harus daftar sekarang, soalnya kalo gak dapet LPDP Gel. 1 maka gue gak bisa berangkat tahun ini. Beberapa hari sebelum deadline, gue telp UNM Makassar dan ternyata TOEFL gue gak sampe, huhhuu..

Akhirnya gue gagal ikut LPDP gelombang 1 ini, itu berarti gue harus rela kehilangan berangkat kuliah ke Prancis tahun 2015 ini.

Gue mencoba merenung, merefleksi diri dan kontemplasi. It’s lil bit hard, so I need a little time. Gue ngerasa perlu buat nenangin diri gue. Bukan gue gak ridho sama takdir Alloh, tapi mungkin karena iman gue yang masih tipis, jadi gue perlu waktu. Gue mencoba berpikir kalo akan ada banyak hal yang akan gue lewati kalo gue berangkat tahun 2015, terutama masalah keluarga, anak, kerjaan dan tentunya kalo berangkat September 2016 maka semuanya terasa sangat terburu-buru. Pedahal gue harus prepare segalanya dengan matang.

Bismillah, ya Alloh beri hamba keikhlasan 😦

2 thoughts on “#15. Beasiswa : Gagal Daftar LPDP!

Leave a Reply

