#14. Beasiswa : Holaa Erasmus+

Habis di-PHP-in negara skandinavia, gak perlu lama buat gue Move On, secara gue kan cowok strong, huhuhu..

Selanjutnya gue ngelirik Beasiswa Erasmus+ dimana disitu ada segambreng program yang bisa kita pilih sesuai minat, bakat, talenta dan kemampuan otak masing-masing. Setelah gue pelototin satu-satu akhirnya pilihan gue jatuh cinta pada Master Program of Quantitative Economics dimana gue bakalan kuliah di 2 atau 3 universitas berbeda yaitu University Paris 1 Sorbonne, University Ca’Forsary Italia dan Universidad Autonome de Barcelona Spanyol. Woowww.. bikin ngiler gak sih negara-negaranya. Gue bayangin kalo gue dapet ini beasiswa gue bakalan maju mundur cantik di depan Menara Eiffel, berenang gaya kupu-kupu malam di Venezia dan meloncat akrobatik di punggung banteng Spanyol, ulallaaa…! STOP MENGHAYAL, Mari kita lanjutkan perjuangan beasiswanya 🙂

Mulailah gue melengkapi persyaratan yang alhamdulillah-nya cuma perlu IELTS 6.0, setelah sibuk minta rekomendasi kanan-kiri dan semua dokumen lengkap lalu gue upload dan gue klik tombol [SUBMIT] klik..!!!

Sekitar 2 bulan setelah deadline, grup Facebook QEM ERASMUS MUNDUS mulai rame kaya pasar gembrong. Kebanyakan mereka udah mulai dapet Surat Evaluasi, ada yg dapet waiting list, dapet admission doang tapi yang dapet main list gak ada yg posting atau komen, mungkin doi gak mau show-up, hhee.

Gue mulai galau dong, ko gak ada email evaluasi di inbox gue ya? Apa aplikasi gue belum nyampe? Apa kebawa banjir? Atau nyangkut di layangan? atau ah.. entahlah gue mulai heboh sendiri. Secara aplikan dari negara lain naik pesawat bahkan jet, gue malah naik odong-odong. Atau aplikasi gue ke-skip? Atau.. atau? Akhirnya gue coba ngimel ke sana, komfirmasi kenapa gue belum dapet email evaluasi. Katanya gue harus bersabar, soalnya aplikasi dievaluasi bertahap. Oke fine, gue coba bersabar.

Akhirnya ada email evaluasi mampir ke inbox. Heboh dong gue, senggaknya udah ada berita, mau baik atau buruk, yang penting gak digantung kaya kemaren-kemaren. Gue coba baca emailnya dengan seksama, sepemahaman gue sih gue diterima di program QEM tapi gak dapet beasiswa. Tapi buat ngeyakinin, gue print itu email gue kasih ke John, masih inget ya? Ituloh guru bahasa inggris gue. Dan ternyata dugaan gue bener, gue diterima di Program QEM tapi tanpa Beasiswa Erasmus+.

Ada sedikit kekecewaan sebenernya, tapi jauh-jauh hari gue emang udah siap mental. Gak gampang emang buat dapet beasiswa ini saingannya global apalagi IPK dan English gue pas-pasan, palingan gue cuma bisa berharap para ‘juri’ kepincut sama photo gue yg charming, senyum gue yg sederhana tapi membekas sama attitide gue aja, hehhe Sejujurnya gue emang udah nyiapin plan B seandainya cuma dapet penerimaannya doang yaitu gue daftar LPDP. Makannya gue bersyukur seenggaknya di Indonesia ada LPDP, alhamdulillah..

So, mulailah gue menyiapkan senjata buat buat berperang memperebutkan Beasiswa LPDP!

Leave a Reply

