#11. SUMPEK, Survei Menuju Pelaminan Kecil-kecilan!

After a forever time, dengan penuh suka cita gue ucapin selamat buat para wisudawan dan wisudawati angkatan I Universitas Sulawesi Barat yang hari ini baru aja di wisuda, wish you luck! Lupakan tentang jalanan yang jadi macet karena saking banyaknya yang diwisuda. Tenang, gue rela ko macet2an yang penting kalian bahagia, halah! Semoga ke depan semuanya semakin baik, apalagi setelah terbit putusan MA terkait kisruh rektor Unsulbar. So, gak ada lagi angkatan yang harus kuliah S1 selama 7 tahun lagi, aamiin..!

Ini nih penampakan gedung belakang Unsulbar.
Nah kalo yang ini gedung depan Unsulbar. Kalo 6 orang itu kayanya mahasiswanya, entahlah udah berapa lama mereka kuliah disana 🙂

Gaes, siang tadi gue kejebak macet di deket Masjid Raya, oh ternyata Aula serba gunanya lagi dipake buat wisuda Unsulbar. Loh ko di Aula masjid sih kaya orang walimahan aja? Nah itu dia, gue juga bingung, tapi ya sudahlah kita skip. Bada Dzuhur, parkiran masjid yang biasanya sepi mendadak rame. Sambil macet-macetan sekilas gue liatin tuh para wisudawatinya. OMG pada menor-menor kaya abis kerabrak traktor, terus kelindes bentor, jontor! Geli gue liatnya, hehe

Yuukkk Ciinnn.. kita wisudaan!!!

Oke fine! Gue ngerti, ngertiii… banget kalo wisuda emang moment yang sangat sakral, teramat special dan sangat dinanti sepanjang hayat mereka. So, mereka pada terobsesi tampil sempurna dan paripurna, terutama pas diphoto pake Toge, eh Toga. Sejenak gue coba buat gak nyinyir dan berusaha buat ngertiin mereka banget. Tapi lama-lama gue gak kuat juga, hahhaa! Gue gak kuat untuk gak senyum dibibir tapi ngakak di dalam hati ngeliat bedak satu truk dipake semua, belom lagi cream siang sama cream malam, ditambah pondasi eh pondation yang untungnya gak bikin kulit mereka retak-retak. Gincu dipake full sebibir-bibir berasa seksi kaya Angelina Jolie. Seolah gak mau ketinggalan, konde beraneka rupa udah nangkring dengan kokohnya dibelakang kepala. Kelamaan gue curiga, jangan2 itu konde dipaku sampe kokoh kaya gitu ‪#‎KondeTahanPutingBeliung‬

Ngeliat fenomena kaya gitu gue jadi inget istri gue. Duileehhh.. so sweet! Entahlah pedahal kita udah nikah hampir 4 tahun, masih aja gue sering keingetan istri. Kaya lagunya Evi Tamala ‪#‎KetauanDehUmurGue‬

“Mau makan teringat pada mu..
Mau tidur teringat pada mu..
Mau apapun teringat pada mu..
Kekasih ku..”

Iyaa.. kaya ada yang nyanyiin lagu HITS sayaahhh 🙂

Kalo pas liat bunga mawar, gue inget istri. Betapa dia itu secantik kelopak mawar tapi mampu menjaga kehormatan diri dengan durinya. Kalo pas liat kapas, gue inget istri. Betapa dia itu perasaannya selembut dan seputih kapas di cotton bud. Kalo lihat kuli bangunan, gue inget istri. Betapa dia itu berjiwa kuat dan sangat mandiri. Kalo gue liat nenek-nenek reot renta yang hanya dengan sedikit tupan bisa jatuh berkeping-keping, gue inget istri lagi. Betapa gue berharap nanti kelak bisa menemaninya sampai tua dan akhir menjemput masa, eaaa!

Oke, back to the track! Kenapa gue inget istri gue? Bukan karena istri gue mirip toga atau spanduk ucapan selamat buat wisudawan yg biasanya dipajang di pagar kampus! Tapi karena moment wisuda adalah moment dimana gue ngeliat istri gue (dulu masih temen kampus) dan merasa “Kamulah Takdir Ku!” ‪#‎BerasaJadiRaffi‬&Gigi

Ya, ngeliat mahasiswa Unsulbar di wisuda gue inget dulu pas istri gue di wisuda. Kebetulan, eh qodarullah kita satu almamater dan diwisuda bareng waktu itu. Jadi gaes, sebagai lulusan statistika tetapan udah semestinya gue nerapin ilmu statistik gue yg gue pelajari sampe berdarah-darah selama dikampus ‪#‎BiarDramatis‬

So, sambil wisuda gue sempet-sempetin ngadain SUMPEK alias “Survei Menuju Pelaminan Kecil-kecilan”Soalnya waktu itu gue ada rencana mau nikah, cuman gak tahu mau ta’aruf sama siapa. Jadilah dari awal sampe akhir wisuda gue sempetin menginventarisir mana-mana cewek yang dandanannya mentereng genjreng dan mana yang enggak. Mungkin dari sekitar 200-an cewek yang diwisuda oada waktu itu dan tentunya gak sempet gue liat semuanya ‪#‎NiatBangetGue‬. Gue lihat istri gue yang pada saat itu masih berstatus kandidat alias responden SUMPEK adalah satu dari sangat sedikit sekali cewek yang gak bermake-up tebel, kayanya cuman bedakan tipis sama lipgloss dong. That’s so simple, tapi justru itulah gue cari, sederhana tapi tetap mempesona! Kaya-kayanya lagunya Cherry Belle terinapirasi dari situ dah.

“You are beautiful.. beautiful.. beautiful..
Kamu cantik.. cantik.. dari hati mu.. uu..”

Mungkin diantara kalian ada yang penasaran, ko gue suka yg gak bermake-up sih? Gini sebenernya, gue sebenernya bukan gak suka cewek bermake-up tapi gue lebih suka cewek yang bisa menahan dirinya untuk tidak mempercatik diri di hadapan yang bukan mahrom, kecuali kalo dia udah punya suami. Sedangkan di kampus gue ada larangan menikah selama masa pendidikan. Mungkin ini debatable dan kalian punya pendapat lain, tapi buat gue adalah salah satu indikator istri yang baik yaitu bisa menahan diri agar tidak mengundang hal-hal buruk. ‪#‎MaafNoOffense‬

Suatu ketika, beberapa pekan lalu didepan kaca lemari sambil siap2 ngantor, istri gue pernah tanya “Bay, temen-temen ku pada heboh kosmetik, nano spray dll. Aku begini aja kau eggak komplen Bay?”. ” Kenapa emang, pengen beli juga?” Jawab ku menerka. “Ya enggak juga sih, tapi kalau kau mau?” Tanyanya. “Ah gak usah, begini aja udah cantik banget, kaya Laura Basuki”. Dia cuman senyum, gak tau deh senyum tersanjung apa senyum jijik, hahhaa!

Duh, aku jadi malu dimirip2in sama istrinya
Leave a Reply

